Minggu, 10 April 2011

Modul: Software Pengolah Angka

Berikut beberapa software pengolah angka untuk bahan ajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sangkapura.

  • KSpread
Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita bias menggunakannya dengan gratis dan secara bebas. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, baik di Windows, Linux maupun sistem operasi lainnya. KSpread dikeluarkan bersama-sama dengan paket KOffice lainnya. Kita dapat mendownload di www.koffice.org.

Kelebihan KSpread adalah tampilannya yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.

KSpread dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan banyak tabel dan lembaran kerja dalam satu dokumen, dan mempunyai banyak format grafik untuk menampilkan data dalam bentuk grafik. Untuk melakukan perhitungan, KSpread dilengkapi dengan lebih dari 100 fungsi.

  • StarOffice Calc

StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform (windows, linux, solaris dan mac os) dan di keluarkan dalam satu paket dengan aplikasi StarOffice lainnya.

Kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuan untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebut sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain.

  • OpenOffice Calc

Adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform (windows, linux, solaris dan mac os). Aplikasi OpenOffice Calc ini dikeluarkan satu paket dengan OpenOffice dan dapat di download di www.openoffice.org.

Penempatan menu-menu, perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar tidak jauh berbeda dengan excel

  • GNOME Office – Gnumeric

GNumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan satu paket dari GNOME Office. GNumeric bersifat open source sehingga kita dapat menggunakannya secara bebas dan gratis serta multiplatform.

  • Abacus

Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memory kecil dan sangat mudah digunakan. Nama abacus diambil dari nama alat penghitung kuno yang digunakan pada zaman yunani dan romawi kuno dan juga masih digunakan di Cina.

  • XESS

XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com) dan dapat dijalankan di multiplatform. XESS dikeluarkan dalam 2 versi yaitu versi Enterprise yang dibuat untuk perusahaan ($495) dan versi lite yang digunakan untuk versi perorangan ($595).

  • Lotus 1-2-3

Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM. Lotus 1-2-3 dikeluarkan dalam satu paket baersama-sama aplikasi Office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus Smart Suite.

  • Microsoft Excel
Software pengolah angka yang paling sering digunakan pada saat ini adalah Microsoft Excel, perangkat lunak milik microsoft ini sangat mudah di gunakan (user friendly) sehingga para user lebih nyaman menggunakan software ini walau itu hanya bajakan, kelemahan sofware pengolah angka ini adalah berbayar atau tidak gratis sehingga orang-orang yang enggan merogoh kocek pasti lebih memilih sofware lain. Microsoft Excel dijual dalam satu paket dengan program office lainnya dan dikenal dengan nama Microsof Office 2010 (terbaru).

Dan tentunya masih banyak software (perangkat lunak) pengolah angka yang lain dan tidak disebutkan. selamat belajar. (tikVII)

7 komentar:

  1. PertamaX gan, makasih udah mau berkunjung. Jangan Lupa Blogwalking ++ (comment + follow + tinggalin jejak)

    Salam Blogger.

    BalasHapus
  2. follback sukses gan..selihkan di cek....

    mantap gan..infonya,,,

    BalasHapus
  3. LibreOffice Juga boleh gan.. soalnya ane pake itu

    Selalu Kunjungi Pakarnya.info Dan dapatkan Video Tutorial secara Cuma-Cuma Tanpa Syarat

    BalasHapus
  4. thanks sudah share sob.
    semoga dengan sofware ini, pengolahan angka lebih mudah dan gampang

    BalasHapus
  5. makasih gan, salam kenal..

    BalasHapus
  6. gan ane mau nanya sebenarnya yang berbayar atau yg gratisan yg mana gan,mohon penjelasannya gan

    BalasHapus